Find us on facebook

Jumat, 16 September 2016

On 22.31 by Unknown   No comments


   
Ketika membaca suatu artikel atau menonton televisi  seringkali kita temukan kata sukarelawan. Sebenarnya apakah sukarelawan itu?  Seperti yang diutarakan The Centre of Volunteering di blognya (http://www.volunteering.com.au/what-is-volunteering-2/), Volunteering is an activity which takes place through not-for-profit and community organizations and projects or your local community and is undertaken:
  •  to be of benefit to the community and the volunteer
  •  of the volunteer’s own free will and without coercion and
  •  for no financial payment.

   Jadi, dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa sukarelawan adalah orang yang bersedia meluangkan  jiwa, waktu, maupun kemampuannya untuk membantu sesama tanpa suatu paksaan dan tanpa ingin mendapat suatu imbalan. Menjadi seorang sukarelawan juga tidak terbatas hanya pada suatu bidang saja misalnya sukarelawan bencana. Tidak, banyak sekali komunitas ataupun organisasi yang akan menampung bagi jiwa-jiwa mulia yang mau menjadi seorang sukarelawan.
Berbicara mengenai wadah atau tempat yang menyediakan tempat bagi jiwa-jiwa yang mau menjadi seorang sukarelawan, baru-baru ini telah berdiri suatu unit mahasiswa di Politeknik Keuangan Negara STAN yang bernama Unit Pelayanan Kebutuhan Darah.
Apakah Unit Pelayanan Kebutuhan Darah itu?
Unit Pelayanan Kebutuhan Darah yang biasa disingkat UPKD merupakan satu-satunya unit mahasiswa di kampus Ali Wardhana yang akan menjembatani kebutuhan darah bagi yang membutuhkan donor darah dengan sukarelawan yang bersedia mendonorkan darahnya. Jadi dapat dikatakan bahwa  UPKD menyediakan wadah bagi  Mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN yang ingin turut serta menjadi sukarelawan yang bersedia mendonorkan darahnya.

Lalu apakah tujuan dari UPKD?

Tujuan dari UPKD ini adalah mencari data sukarelawan pendonor yang bersedia dihubungi sewaktu-waktu apabila dibutuhkan donor darah.

Bagaimana Mekanismenya?

Mekanismenya adalah:
  1. Siapapun yang bersedia menjadi sukarelawan mengisi link berikut: (http://bit.ly/dataupkd) Kemudian data akan disimpan. Data Pendonor akan selalu di-update ketika sukarelawan mendonorkan darah dimana kegiatan donor darah tersebut diadakan oleh KSR Unit PKN STAN.
  2. Sukarelawan diwajibkan mem-follow official Line karena semua info akan disebar melalui official Line terlebih dahulu.
  3. Ketika ada yang membutuhkan donor, Panitia akan mencari data di database yang ada dan menghubungi sukarelawan yang memenuhi kriteria untuk donor.
  4. Selain sukarelawan, seluruh civitas akademika Politeknik Keuangan Negara STAN yang membutuhkan donor darah juga dapat mem-follow  atau menghubungi akun official Line tersebut.
  5. Diutamakan pihak yang membutuhkan donor darah adalah yang berdomisili di sekitar daerah Bintaro Tangerang Selatan, Jakarta dan sekitarnya. Hal ini disebabkan karena relawan berdomisili di daerah tersebut.
Apakah anda tertarik?
Kami tunggu partisipasi Anda, jadilah salah satu  bagian dari UPKD.


Contact Person:
Wulanti: 085712021997 
Buyung: 087736962706 
Official Line:
@mxr2803a

You don’t have to be a doctor to save a life, Donate your blood!

Servetum Pro Humaniora!




0 komentar:

Posting Komentar